Cara Merebus Ketupat

Hari ini, pertama kali gw bikin ketupat sendiri dari cuci kulit ketupat, ampe mateng. Jadi mari kita bahas pembuatan ketupat ini.

1. Cuci bersih kulit ketupat, gw beli udah jadi ya, ga bisa nganyamnya. Ngayam ketupat itu life skill yang beda lagi, hahaha. Cucinya tadi dicelup-celup ke air aja sih, mungkin bisa dicuci dengan tambahan cairan pencuci buah dan sayur.

2. Cuci bersih beras, cuci kaya mau masak nasi aja ya. Pilihin batu ama gabahnya, masukin air, remas-remas, buang airnya, ulangi beberapa kali tergantung jenis beras.

3. Isi ketupat, nah jumlah beras yang diisi bisa beragam sih. Cuma gw isi setengah ketupat ya, dengan kualitas beras sedang, biasa sekilo 12rb, atau seliter 9-10rb.

4. Rebus air dipanci. Pastiin pancinya cukup tinggi, dan airnya cukup untuk merendam semua ketupat ya.

5. Setelah mendidih, masukan ketupat yang sudah diisi beras. Pastiin ketupatnya kerendam ya. Kalau airnya mendidih, boleh apinya dikecilin, hemat gas, toh titik didih air kan tetap 100 derajat celcius 😆😆😆

6. Setiap beberapa saat (misal sejam sekali), boleh dicek airnya ya. Kalau kurang, ketupatnya ga kerendem, tambahkan air panas sampai kerendam lagi.

7. Setelah 4 jam dari langkah 5. Siapin panci berisi air satu lagi dikompor sebelah, rebus sampai mendidih. Panci boleh lebih kecil ya, karena ini untuk membilas ketupat yang sudah matang.

8. Angkat ketupat, masukan ke panci berisi air panas baru (no. 7), biarkan sebentar, celup-celup lalu gantung ketupatnya.

Nah tadi gw bikin kaya gitu, alhamdulillah ketupatnya jadi, ga buyar pas dipotong, dan bersih warnanya. Ini lumayan hemat banget sih, modal kulit ketupat 10 biji seharga 5 ribu, dan beras ga sampe 1 liter, air dan gas jadi deh. Dibandingkan beli ke tetangga gw, sebiji 5 ribu, 10 biji 50 ribu.

Sebenernya ya gpp beli, tapi gw kan ceritanya sedang hemat. Jadi gw bikin aja, toh ga ada urusan mendesak. Hahaha

Ketupat Bikinan Sendiri